Tema GKA Zion bulan ini adalah keluarga. Satu aspek yang penting dalam hidup setiap orang. Berkaitan dengan tema ini, ada sebuah film yang sangat baik untuk ditonton, yaitu Fireproof. Film ini diproduksi oleh tim yang sama dengan yang memproduksi film yang sangat baik: Facing The Giants (dapat dikatakan ini adalah sebuah film Kristen).
Film ini berkisah tentang sepasang suami istri – Caleb (diperankan oleh Kirk Cameron) dan Catherine (Erin Bethea) yang telah menikah selama 7 tahun. Film ini mengisahkan perjalanan kehidupan rumah tangga mereka yang ada di ujung tanduk. Tidak adanya komunikasi yang baik di antara Caleb dan Cat, serta tidak adanya rasa saling menghargai membuat keduanya merasa berada dalam neraka. Sekalipun masih serumah, tapi mereka tidak lagi berkomunikasi dengan baik, bahkan bisa dibilang komunikasi mereka dipenuhi dengan emosi, kemarahan, dan saling mempersalahkan, bahkan urusan rumah tangga pun dikerjakan masing-masing. Keduanya seperti orang asing yang berada di satu rumah. Kondisi ini membuat mereka kemudian berpikir untuk bercerai.
Caleb yang pekerjaannya adalah sebagai kapten pemadam kebakaran, kemudian mendapatkan masukkan dari seorang rekannya – Mike – yang adalah seorang Kristen. Mike menyarankan agar Caleb terus mempertahankan pernikahannya. Demikian pula halnya dengan ayah Caleb. Yang terus mendorong anaknya untuk mempertahankan pernikahan mereka. Caleb berulang kali menolak dan akhirnya ayah Caleb mengajukan suatu permohonan, agar Caleb menunda perceraiannya selama 40 hari. Ayah Caleb kemudian mengirimkan sebuah buku pedoman, yang harus dilakukan oleh Caleb selama masa 40 hari penundaan tersebut.
Isi dari buku tersebut mendorong Caleb untuk berjuang demi cinta dan pernikahannya. Pengorbanan demi pengorbanan harus Caleb lakukan. Tidak mudah bagi Caleb, karena ketika melakukannya ia tidak mendapatkan respon yagn positif dari Cat. Tapi Caleb terus berjuang melakukannya. Tapi apakah semua itu dapat mengubah hati Cat yang sudah dingin? Apalagi saat itu Cat sudah terpikat pada seorang dokter yang menawan dan perhatian padanya. Bisa dikatakan Cat sudah berada dalam kondisi berselingkuh secara emosi.
“Never Leave Your Partner Especially When In Fire!“ Ini adalah salah satu semboyan yang dipegang kuat-kuat oleh Caleb sebagai seorang pemadam kebakaran. Tapi berhasilkah dia menerapkan semboyan ini dalam pernikahannya?? Jawabannya ada di dalam film ini.
Sekalipun rasanya film ini lebih cocok ditonton oleh pasangan suami istri, tapi tidak bisa dipungkiri kalau film ini adalah yang sangat bagus, yang rasanya sayang untuk dilewatkan Banyak hal yang bisa dipelajari tentang cinta dan pernikahan di dalamnya. Nilai-nilai seperti saling menghargai, saling berkorban, dan bagaimana cara berkomunikasi dapat kita saksikan dalam film ini. Istimewanya lagi film ini bukan hanya bicara soal perjuangan cinta, tapi juga bicara mengenai kasih Tuhan.
By: Ev. Monika King